SEKAPUR SIRIH TENTANG E-MONEV PERENCANAAN

  • E-Monev Perencanaan adalah aplikasi berbasis web yang bertujuan untuk memudahkan pemantauan dan pengendalian proses evaluasi kinerja Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Kota Semarang dalam rangka meningkatkan akuntabilitas dan kinerja Perangkat Daerah pada khususnya dan kinerja Pemerintah Kota Semarang pada umumnya. Data / Informasi yang dihasilkan dari aplikasi e Monev Perencanaan ini dapat diakses oleh publik, dengan harapan masyarakat dapat turut serta memantau, menilai serta memberikan masukan guna meningkatkan kualitas pelayanan Pemerintah Kota Semarang.
  • Pengembangan Aplikasi ini mendasarkan pada amanat Permendagri No.86 tahun 2017 (khususnya Pasal 296 s.d Pasal 306), yang didalamnya mengatur tentang Evaluasi terhadap Hasil Rencana Pembangunan Daerah. Dalam Aplikasi ini dilakukan pengolahan data dan informasi berkaitan dengan capaian indikator pada level output, outcome maupun impact yang termuat dalam dokumen perencanaan, mulai dari Evaluasi Hasil Rencana Kerja (Renja) OPD, Evaluasi Hasil Renstra OPD, Evaluasi Hasil RKPD, dan Evaluasi Pelaksanaan RPJMD yang terintegrasi dengan data-data perencanaan (SIMPERDA), E-Budgetting (SIM ANGGARAN), capaian Keuangan SPP-SPM (E-Reporting), serta pelaksanaan APBD (Monev Pembangunan).
  • Dari gambaran tersebut, Dokumen perencanaan yang menjadi acuan dalam aplikasi Monev Perencanaan adalah Dokumen RPJMD, Dokumen Renstra OPD, Dokumen RKPD dan Dokumen Renja OPD yang akan dievaluasi sejauhmana tingkat capaiannya terhadap dokumen pelaksanaanya (Dokumen APBD- Dokumen P-APBD). Sehingga konsistensi antar dokumen sangatlah berpengaruh terhadap hasil evaluasi ini.
  • Pada Aplikasi Monev Perencanaan , semua Perangkat Daerah harus melakukan inputing terhadap Capaian : Output Kegiatan, Outcome Program, Indikator Tujuan dan Sasaran Renstra, Indikator Kinerja Pelayaan OPD, serta capaian Indikator RPMD (IKD dan Indikator Tujuan-Sasaran) yang menjadi kewenangan OPD setiap triwulannya, sehingga secara akumulasi di level Pemerintah Kota Semarang akan tersusun Evaluasi Hasil RKPD dan Evaluasi Pelaksanaan RPJMD dan beberapa evaluasi Indikator Kinerja lainnya.
    Adapun jenis Laporan yang dapat tersusun dari aplikasi monev perencanaan Pembangunan sebagai berikut :
  • 1. Kesesuaian Program, Kegiatan, dan Anggaran antara RPJMD, RKPD dan APBD pada Tahun berkenaan;
  • 2. Evaluasi Hasil Rencana Kerja (Renja OPD);
  • 3. Evaluasi Hasil Rencana Strategis (Renstra OPD), baik pada level Tujuan, Sasaran dan Kinerja Pelayanan OPD;
  • 4. Evaluasi terhadap Capaian Indikator Tujuan dan Sasaran RPJMD pada setiap Misi Kepala Daerah , Indikator Kinerja Daerah (IKD) dan Indikator Kinerja Utama (IKU) sebagaimana ditetapkan dalam RPJMD;
DokumenProgramKegiatanIndikator
APBD00-
RKPD00-
RPJMD273--